BENCANA FINANSIAL: Stabilitas Sebagai Barang Publik

Bencana Finansial

Judul: Bencana Finansial: Stabilitas sebagai Barang Publik, 310 halaman.

Penulis: A. Prasetyantoko

Penerbit: Gramedia, Jakarta, 2008

Review: Di tengah kondisi keuangan global yang dinamikanya kerap tak bisa dipahami awam, setiap orang mestinya beranjak sadar bahwa segala bentuk kekacauan finansial akan membawa sengsara bagi dirinya tanpa kecuali. Tak ada yang imun, mulai dari apakah ia anak sekolah, ibu-ibu, tukang bakso, direktur, pialang saham atau bahkan investor sekali pun. Begitulah mungkin gambaran sederhananya.

Yang bikin getir, sejarah justru mencatat betapa dunia sungguh tak pernah sepi dari bencana keuangan. Ada krisis pembiayaan perumahan murah atau sub-prime mortgage di AS pada 2008, ada Krisis Asia 1997-1998, ada Depresi Besar 1930 dan satu lagi yang jadi contoh klasik: krisis “Tulip Mania” di Negeri Belanda sekitar 1636-1637.

Sialnya, di luar segala bencana di atas, beragam kasus dan guncangan finansial dalam skala yang lebih terbatas pun mencuat di sana sini. Umumnya ini perihal investasi bodong, baik dalam bentuknya yang  simpel atau malah yang sudah jauh lebih canggih. Kalau sudah kejadian, rombongan korban bakal  “nangis darah”  lantaran aset dan harta mereka lenyap dimakan dusta!

Lantas, bagaimana agar “selamat badan sampai ke seberang”?

Nah, pustaka ini menyodorkan, katakanlah, semacam jalan keluar. Dalam tataran konseptual, stabilitas keuangan, demikian menurut penulisnya, adalah “barang publik” atau milik orang banyak. Kehadirannya mutlak dibutuhkan oleh siapa pun — lagi-lagi— mulai dari anak sekolah, ibu-ibu, tukang bakso, direktur, pialang saham dan seterusnya.

Seperti apakah pencerahan guna mewujudkan kestabilan dimaksud?

Hmm… silakan baca saja tinjauan akademisnya di sini. Jangan kaget, Anda akan dibawa menyelami pendekatan ekonomi dari yang Kasik, Neo-Klasik, Post Keynesian, Neo-Schumpeterian dan kawan-kawan.

Gimana, pusing sedikit tak apa, ‘toh?

Harga: Rp. 37.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

 

 

One thought on “BENCANA FINANSIAL: Stabilitas Sebagai Barang Publik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s