YOU DON’T HAVE TO BE RICH — Kenyamanan, Kebahagiaan dan Jaminan Keuangan Menurut Definisi Anda Sendiri

You Don't Have to be Rich

Judul: You Don’t Have to be Rich — Kenyamanan, Kebahagiaan dan Jaminan Keuangan menurut Definisi Anda Sendiri (edisi terjemahan dari buku asli berjudul: “You Don’t Have to be Rich: Comfort, Happiness and Financial Security on Your Own Terms”), 282 halaman.

Penulis: Jean Chatzky

Penerbit: Gramedia, Jakarta, 2006.

Review: Kalau Anda bosan dengan setumpuk buku keuangan pribadi yang menuntun pembacanya untuk membangun kekayaan dengan cara ini itu, yang terkadang langkahnya sangat tidak familiar bagi awam, ada baiknya Anda menoleh buku ini.

Mengapa demikian?

Jawabnya karena sang penulis, perempuan pakar keuangan asal Amrik, menyodorkan sesuatu yang lain. Alih-alih bertumpu pada pandangan klasik, paparannya justru mengambil sudut pandang berbeda 180 derajat. Chatzky mengisyaratkan:

Kaya belum tentu identik dengan bahagia.

Uang belum tentu sanggup membeli kebahagiaan.

Hmm… jadi bagaimana?

Nah, ini kuncinya: setiap individu harus menentukan apa yang benar-benar ia inginkan dan  berupaya mewujudkannya. Seperti apakah itu, hanya orang itu sendiri yang tahu. Hanya Anda sendiri yang bisa memutuskan.

Kalau dikatakan bahwa ukuran kekayaan adalah terkait kepemilikan, misalnya, uang satu juta dolar AS, belum tentu Anda butuh sebanyak itu, ‘kan? Bisa jadi duit yang Anda perlukan lebih sedikit atau lebih banyak dari itu.

Sama halnya, uang setengah juta dolar mungkin sudah sangat mencukupi bagi si A. Tapi bagi si B, ia mungkin baru lega bila mengantongi dua tiga kali lipatnya.

Jadi, ambil kendali. Itulah intinya.

Jangan mau didikte bahwa kaya itu berarti memiliki uang segini segitu atau harus bergaya hidup ala si X atau  Y. Jadilah diri Anda sendiri.

Dari sekarang, cobalah menyusun aturan kekayaan pribadi, seberapa banyak yang menurut Anda layak diraih serta seperti apa gaya hidup yang Anda anut.

Nah, pencapaian itu semua akan mendorong munculnya rasa puas. Saat  kepuasan hadir, kala itulah Anda sejatinya sudah bernaung di bawah panji-panji kekayaan.

Setuju?

Harga: Rp. 50.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s