EMAK

EmakJudul: Emak — Penuntunku dari Kampung Darat sampai Sorbonne, 291 halaman.

Penulis: Daoed Joesoef.

Penerbit: Kompas Media Nusantara, Jakarta, edisi 2010.

Kondisi: Bagus.

Review: Daoed Joesoef adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (1978-1983) yang sedari kecil diketahui tekun belajar. Sebagai orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor dari Universitas Sorbonne, Perancis, tokoh satu ini suka merantau dalam rangka memburu pengetahuan.

Nah, secara khusus, karya ini memperlihatkan bagaimana peran seorang ibu bagi keberhasilan anak-anaknya. Berikut salah satu kenangan terhadap sosok ibunda, yang diingat oleh sang putera:

“… bila sedang tidak ada tamu dan kakak-kakakku sibuk menyelesaikan pekerjaan rumah, aku sering pura-pura mencari sesuatu ke serambi depan. Emak mungkin mengetahui bahwa aku sedang kesepian dan cepat memanggilku untuk mendekat. Lalu, kalau tidak duduk di pangkuan Emak, biasanya aku duduk di pangkuan Bapak.”

Kendati tak pernah mengenyam bangku sekolah formal, Emak adalah pribadi kokoh yang menghayati pentingnya menuntut ilmu, demikian menurut Daoed Joesoef.

“Kami, anak-anak, tak tahu persis bagaimana dahulu Emak berjodoh dengan Bapak. Emak ramah, murah senyum, lembut, berkemauan keras dan berani melawan arus. Kalau hendak pergi dengan bapak menghadiri perhelatan kawin, Emak biasanya makan sirih dulu hingga kalau dia tersenyum bibirnya nampak bagai delima merekah…”

Hmm…

Pendek kata, ini buku bagus. Silakan cek sendiri!

Harga: Rp. 35.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s