RUANG BELAKANG – Kumpulan Cerpen

IMG00711-20140404-1819

Judul: Ruang Belakang, 124 halaman.

Penulis: Nenden Lilis A.

Penerbit: Kompas, Jakarta, 2003

Review: Ini kumpulan cerpen dari penulis perempuan kelahiran Garut, yang di dalamnya  membundel lima belas kisah. Semua karyanya itu sempat muncul di berbagai harian nasional dan daerah dalam kurun tahun 1997 hingga 2002.

Beragam eksplorasi mengalir pelan di setiap cerpen. Tak ada pretensi melahirkan sosok jagoan. Justru, yang nampak adalah tutur, yang ibaratnya mengalir dari ibu kepada anak-anaknya. Toh, dalam satu dua cerita mengalun juga bumbu ketegangan sejak awal.

Lahap saja paparan berikut:

“Cikoneng, … saat ini tengah digemparkan oleh desas-desus tentang penyakit aneh yang menyerang Pak Andawereng, camat di kota itu. Penyakit yang diidap oleh Pak Camat bukan penyakit biasa, tapi penyakit aneh yang sulit dicari obatnya dan bisa membahayakan warga. Penyakit tersebut timbul tanpa diawali demam atau tanda-tanda lainnya. Pak Andawereng sendiri kelihatan segar bugar dan sehat walafiat. Tapi kalau ia berbicara kata-katanya terbalik.”

Hmm… lihat “bibit cerita” yang ditebarkan di sini?

Tak usahlah dibocorkan di mana kisah berjudul “Wabah” itu berujung. Yang pasti perkara aneh tersebut menjalar sampai menjadi “tertawa dengan suara terbalik”. Gendheng apa, ada suara macam itu?

Di judul-judul lain, nyata betul penulis ini memusatkan perhatiannya kepada isu humanisme. Seperti apakah hal mendasar itu kala disisipkan ke dalam sebuah cerita pendek? Tidakkah itu membuat cerita berjalan begah? Yah, tapi nyatanya bisa, tuh.

Buktikan sendiri saja, deh!

Harga: Rp. 35.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s