ONE HUNDRED WISDOM STORIES FROM AROUND THE WORLD

100 Cerita Bijak

Judul: One Hundred Wisdom Stories from around the World: 100 Cerita Bijak dari seluruh Penjuru Dunia (edisi terjemahan dari buku asli dengan judul yang sama), 228 halaman.

Penulis: Margaret Silf.

Penerbit: Grasindo, Jakarta, 2005.

Review: “Dahulu, musibah menimpa orang-orang Comanche. Kemarau panjang menyebabkan penduduk menderita hingga mereka akhirnya sekarat satu per satu.

Tersebutlah seorang gadis kecil bernama ‘dia yang duduk sendirian’. Ia bertahan dalam kesengsaraannya ditemani sebuah boneka kesayangannya.

Suatu hari, orang-orang memutuskan pergi mendaki gunung menyapa Roh Agung.

Kata Sang Roh, “Selama ini bumi tertekan. Sekian banyak dari kalian mengambil segalanya dari bumi tanpa mau sedikit pun memberikan kembali. Harus ada persembahan bagi bumi. Bentuknya haruslah apa pun yang paling berharga dari kalian!”

Orang-orang terbelalak. Masing-masing mencari alasan untuk tidak memberikan apa yang paling mereka sayangi.

Si gadis kecil tahu itu.

Saat gelap dan penduduk tengah lelap, sambil membopong boneka dengan ikatan bulu burung blue jay di kepalanya, gadis itu melangkah ke gunung.

Kepada Roh Agung ia berujar,” Ini boneka satu-satunya, hadiah dari orang tua saya waktu mereka masih hidup. Ini peninggalan mereka. Terimalah ini, wahai Roh Agung!”

Dan… barang kesayangan itu pun dilemparkannya ke dalam api. Hangus jadi abu. Si gadis mengumpulkan serpihannya dan menyebarkan semuanya ke empat penjuru mata angin

 Ia kelelahan dan jatuh tertidur.

Keesokan paginya, si gadis bangun dan melihat bulu burung blue jay di kejauhan. Ia mendekat ke tempat semalam ia melemparkan bonekanya ke dalam kobaran api. Sampai di situ, tetes air membasahi pipinya. Tetesan itu kian sering dan rapat. Hujan yang dinanti akhirnya datang. Senyum si gadis merekah kala merasakan kesejukan di tubuhnya.

Orang-orang belakangan tahu kejadian itu. Mereka jengah dan malu hati. Tanpa disangka, si gadis kecil sungguh telah menyelamatkan keadaan. Bocah pahlawan itu pun kemudian disapa: ‘dia yang mencintai sesamanya’.”

Merinding membaca kisah di atas?

Tak apa.

Lanjutkan saja. Masih ada 99 cerita lainnya. Semoga Anda menjadi “dia yang bijak dan hangat”!

Harga: Rp. 45.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s