THE TALES OF TERROR AND DETECTION

Judul: “The Tales of Terror and Detection” (edisi terjemahan dari buku asli yang terbit pada 1839, 214 halaman).

Penulis: Edgar Allan Poe.

Penerbit: Liris, Surabaya, 2010.

Review: Sebagai pewaris dari English Romantic, Edgar allan Poe adalah kekuatan sastra yang legendaris. Tak sekadar tokoh dalam literatur Amerika, ia juga dikenal sebagai master, si jago cerita, untuk beragam kisah horor, misteri maupun detektif.

Kisah-kisah dalam buku ini adalah bukti kesanggupana Poe menebar kengerian dan ketakutan hanya dalam beberapa lembar saja untuk satu judul. Terasa begitu gawat namun menggugah secara psikologis.

Ambil contoh kisah Misteri Marie Roget, yang merupakan sekuel dari cerita berjudul Pembunuhan di Rue Morgue. Di sini dimunculkan detektif kondang, C. Auguste Dupin, yang sanggup mengungkap kasus hanya dengan caranya berfikir serta kelihaiannya mengumpulkan informasi dari tangan kedua.

Adalah Marie, puteri satu-satunya dari janda Estelle Roget. Sang ayah meninggal ketika si bocah masih kecil sehingga kedua anak beranak itu tinggal berdua saja.

“Madame mengelola sebuah pension, dibantu oleh Marie. Keadaan itu terus berjalan sampai Marie berusia 22 tahun, ketika kecantikannya yang luar biasa menarik perhatian seorang pengusaha parfum. Monsieur Le Blanc bukannya tidak menyadari keuntungan yang bisa didapat dengan hadirnya Marie di toko parfumnya; dan tawaran tersebut diterima anak perempuan itu, meskipun Madame sesungguhnya merasa ragu.”

Setahun berlalu dan Marie masih setia pulang pergi ke toko parfum dimaksud. Namun, suatu hari anak dara itu lenyap. Ibunya kalang kabut, si pemilik toko juga tak habis pikir. Selang seminggu kemudian, Marie muncul kembali di toko. Ia sehat tapi murung. Lima bulan berjalan dan… Marie menghilang lagi! Empat hari setelah itu, mayat perempuan muda ditemukan di Sungai Seine.

Tak ada petunjuk yang bisa ditemukan oleh pihak kepolisian dalam mengusut kasus tersebut. Alhasil, inspektur polisi memutuskan untuk memberikan hadiah dua puluh ribu franc bagi siapa saja yang bisa menunjukkan jalan terang “untuk pengenalan yang pasti terhadap pembunuh” atau “untuk pengenalan yang pasti terhadap salah seorang pembunuh”.

Nah, seperti apa kelanjutan kisahnya, silakan Anda simak sendiri biar lebih afdol.

Oh ya, lima cerita lainnya dalam buku ini sama rasanya. Bikin bulu kuduk meremang…

Harga: Rp. 45.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s