HATI-HATI BERASURANSI

Judul: Hati-Hati Berasuransi, 173 halaman.

Penulis: Andreas Freddy Pieloor.

Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta, 2017.

Review: Tak dapat diingkari bahwa sebagian masyarakat kita cenderung  antipati terhadap asuransi.  Pun, tak dapat dihindari kesan bahwa asuransi itu gampang masuknya tapi susah keluarnya! Huff…

Padahal, esensi asuransi adalah membeli perlindungan sebagai antisipasi atas risiko yang mungkin timbul. Betapa sia-sianya bila perlindungan yang dipilih tak bisa diklaim padahal uang sudah keluar dalam bentuk pembayaran premi.

Nah, buku ini hadir memberikan semua yang dibutuhkan oleh nasabah/calon nasabah asuransi sebelum mereka sampai pada keputusan mengambil sebuah produk perlindungan. Teliti sebelum membeli selalu lebih baik ketimbang ujung-ujungnya gigit jari. Ya, kan?

Bab pertama memberi pemahaman makna asuransi dan mengapa yang namanya risiko itu sebaiknya dialihkan kepada pihak lain. Di bab kedua ada bahasan soal polis asuransi serta apa dan bagaimana premi asuransi terbentuk. Selanjutnya di bab tiga diterangkan jenis-jenis asuransi, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, hingga asuransi perjalanan, tempat tinggal dan asuransi kendaraan.

Lantas di bab empat diterangkan mengapa klaim ditolak. Ada banyak penyebab kegagalan klaim asuransi. Bisa jadi karena kesalahan administratif, keterlambatan premi yang berlarut-larut; kondisi permulaan yang sudah ada (pre-existing conditions), yang tak dilaporkan ketika seseorang pertama kali mengambil sebuah produk asuransi; dan keterlambatan laporan klaim yang mengakibatkan perlindungan menjadi kadaluarsa.

Di bagian lain dijabarkan siasat mencairkan klaim asuransi. Intinya, keberhasilan klaim adalah kerja bersama antara nasabah asuransi dan perusahaan tempat yang bersangkutan membeli perlindungan. Tak ada alasan perusahaan asuransi menahan pertanggungan atau mengurangi hak konsumen selama nasabah memenuhi semua persyaratan klaim.

Oke, bagi yang tengah menimbang-nimbang untuk mengambil perlindungan, ada baiknya membaca pustaka ini. Dengan memahami dari A sampai Z soal asuransi, yang Anda lakukan sesungguhnya adalah menambah aset pribadi, bukan malah menumpuk liabilitas!

Setuju atau malah tambah bingung? Hehee…

Harga: Rp. 40.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

 

 

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s