ESQ, “EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT”, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Judul: ESQ, “Emotional Spiritual Quotient”, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, 305 halaman.

Penulis: Ary Ginanjar Agustian.

Penerbit: Arga, Jakarta, 2001.

Review: Sudah lama diketahui bahwa untuk sukses dibutuhkan kecerdasan intelijensi/IQ dan kecerdasan emosi/EQ. Meski demikian, seiring perkembangan zaman, belakangan diyakini bahwa kombinasi IQ dan EQ saja bukanlah jaminan pasti meraih keseimbangan dalam hidup.

Atas dasar itu muncullah pemahaman akan pentingnya kecerdasan emosi dan spiritual/ESQ, di mana penulis buku ini adalah salah satu pelopornya di Indonesia.

Mengapa ESQ harus diperhitungkan kehadirannya?

Jawaban konkretnya mungkin karena dalam diri setiap manusia terdapat “God Spot”. Ini fitrah insani yang hakiki, terlepas apakah yang bersangkutan meyakini secara terang-terangan atau justru malah alergi akan eksistensi Sang Maha Besar dalam kehidupannya.

Lantas, bila ditelaah lebih jauh, “God Spot” akan banyak terkait atau tercermin dalam suara hati/kata hati/intuisi seseorang.

Yup, setiap individu pasti memiliki itu semua kendati tak setiap orang mau menjadikan “God Spot” sebagai petunjuk paling orisinil dalam hidupnya. Padahal itu bukti betapa Tuhan selalu ada bersama kita. Setiap saat tanpa jeda.

“Salah satu sikap paling membahayakan yang telah dilestarikan oleh budaya kerja modern adalah bahwa kita tidak boleh, dalam situasi apa pun, mempercayai suara hati atau persepsi kita. Kita dibesarkan untuk meragukan diri sendiri, untuk tidak mempedulikan intuisi dan mencari peneguhan dari luar…”

Betapa benar kutipan di atas!

Hmm… apalagi di tengah gegap gempita era Milenial sekarang. Keberadaan seseorang sering identik dengan berapa “like(s)”, “comment(s)”, atau “subscriber(s)” yang dikoleksinya di berbagai jejaring media sosial. Yah, tak salah juga, sih. Tapi apakah itu ukuran yang tepat? Pheww, think again!

Jadi?

Itu dia. Seperti kata penyanyi jadul Nicky Astria dalam salah satu lagu hits-nya:

“…kembalilah pada Terang Tuhan…

yang pasti memberi kedamaian, memberi kebenaran, memberi segala kepastian…”

Begitulah sekelumit pesan mendasar buku ini, yang meskipun gagasan spiritualnya bertumpu pada pelaksanaan secara menyeluruh Rukun Iman dan Rukun Islam, namun secara umum pendekatan ESQ berlaku universal.

Silakan gali sendiri saja untuk menemukan kejernihannya. Sstt… ini buku laris pada masanya, lho!

Harga: Ro. 65.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

 

 

 

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s