MIND OVER MIND, Kekuatan Ekspektasi yang Mencengangkan

Judul: “Mind Over Mind”, Kekuatan Ekspektasi yang Mencengangkan, 362 halaman.

Penulis: Chris Berdik.

Penerbit: Shining Rose Media, Jakarta, 2014.

Review: Buku ini sejak halaman awal mengajak pembacanya untuk merenung bahwa ada kekuatan luar biasa di balik pikiran.

Dan ini  kuncinya: sepanjang waktu mulai dari bangun pagi hingga malam hari sebelum tidur, berhati-hatilah dengan pikiran kita karena cikal bakal panggung kehidupan hari-hari mendatang terletak di situ.

Ehm… maksudnya gimana ?

“Otak kita hanya bisa melihat ke depan. Kita nyaris tidak berpikir lagi tentang apa yang tengah kita jalani detik ini karena… begitulah sifat pikiran dan kekuatan ekspektasi berikut imajinasi.  Ia meloncat, menjalar ke mana-mana… mengendalikan kita… dan membuat kita mengejar sesuatu yang tidak kita sukai.”

Kabar baiknya, pikiran beserta ekspektasi dan imajinasi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap individu. Bahasa gampangnya mungkin begini: segala sesuatu diciptakan dua kali — pertama, ia terlebih dulu hadir sebagai imajinasi dalam benak kita dan — kedua, tidak bisa tidak, imajinasi itu akan bertumbuh menjadi realita!

Terdengar filosofis dan berputar-putar bak gasing mainan?

Mungkin awalnya demikian. Tapi dengan berpegang pada kutipan di atas, buku ini bisa jadi teman setia yang bisa dibaca berulang-ulang. Bahasannya memang cukup pelik dengan memuat aneka fakta sejarah, riset sains, dan beragam kisah unik dalam upaya penulis menyuguhkan betapa kekuatan ekspektasi dan imajinasi memainkan peran sentral dalam kesuksesan individu.

Ambil contoh ini, bagaimana bisa seorang tabib di Paris pada jaman dulu, yang bernama Franz Anton Mesmer, melakukan terapi hanya dengan menggerak-gerakkan jari tangannya di sekitar tubuh pasiennya demi menyeimbangkan kembali “magnet alami mereka”? Dan yang jelas, dari situ kemudian muncul kata dalam bahasa Inggris “mesmer(ized)”, yang artinya (di)hipnotis.

Lalu juga, seberapa ampuh efek plasebo bekerja untuk sejumlah penyakit tertentu namun sama sekali meleset untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain? Seberapa kuat harapan pasien untuk sembuh membuatnya benar-benar pulih kendati dokter berpendapat lain?

Lantas, dalam sebuah pertandingan atletik misalnya, seberapa jauh kekuatan tekad sanggup menggerakkan kaki seorang pelari? Seberapa banyak tenaga otot muncul dari kekuatan pikiran seorang pelempar lembing?

Singkat kata, karya ini mencerahkan dan penuh kejutan. Bisa jadi ia merubah pola pikir Anda dari yang semula pasrah bongkokan terima nasib menuju cara pandang baru yang superpositif dan memberdayakan!

Seperti pernah ditorehkan oleh novelis dan penulis ternama Charles Bukowski berikut ini:

Hidup tidaklah seperti apa yang kita pikirkan

Hidup adalah seperti imajinasi kita terhadapnya

… dan apa yang kita imajinasikan kebanyakan jadi nyata.

Bagaimana, buku yang layak koleksi, kan?

Harga: Rp. 75.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

 

 

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s