MEMOIRS of A GEISHA

Ringkasan buku karya Arthur Golden (1997)

Ide Utama

Novel berlatar tahun 1929 ini membawa pembacanya menyelami seluk beluk dunia malam di Jepang kala itu, lengkap dengan perempuan penghibur papan atas yang disebut Geisha.

Di rumah Geisha, kunci sukses seorang wanita adalah penampilan fisiknya yang memikat. Inilah lingkungan di mana keperawanan dilelang kepada penawar tertinggi. Inilah kawasan di mana jatuh cinta kepada pelanggan adalah sebuah kebodohan. Roman sejati hanyalah ilusi karena satu pihak sejatinya hanyalah pemuas bagi pihak yang lain.

Ringkasan Inti

Adalah Chiyo Sakamoto, gadis cilik sembilan tahun yang bersama kakak perempuannya, Satsu, tinggal di sebuah kampung nelayan kumuh di Yoroido. Ibu mereka sekarat karena kanker tulang sementara sang ayah tak punya semangat untuk membesarkan kedua anaknya. Ia nekad menjual dua dara itu kepada Tuan Tanaka, makelar rumah Geisha terkenal, Okiya, di Kyoto.

Satsu yang kurang menarik secara fisik dipindahkan ke distrik pelacur di Kyoto sementara adiknya yang bermata biru kelabu cemerlang tak punya pilihan lain kecuali menetap di lingkungannya yang baru. Ada empat perempuan di Okiya ketika Chiyo muncul: Nenek yang sakit-sakitan; Ibu yang juragan rumah hiburan itu; Bibi yang gagal menjadi Geisha; dan Hatsumomo, sang primadona di kawasan hiburan malam itu.

Dalam kesehariannya, Chiyo berteman dengan gadis sebaya bernama Pumpkin. Bersama rekannya itu, Chiyo mulai dilatih untuk menjadi Geisha sambil menjalankan pekerjaan rumah dan merawat Nenek. Chiyo pernah mengajak Pumpkin minggat dari Okiya, namun sahabatnya itu enggan mengikuti kemauannya.

Hatsumomo, yang tak suka dengan keberadaan Chiyo karena anak itu menurutnya bau ikan, sebenarnya sadar bahwa suatu saat penghuni baru di rumah hiburan itu bakal menjadi pesaing beratnya sebagai Geisha. Dari situ ia mengatur segala daya upaya untuk menyingkirkan Chiyo.

Suatu hari saat Chiyo merenungi nasibnya yang penuh beban di jembatan dekat Sungai Shirakawa, seorang laki-laki matang bernama Iwamura Ken menyapanya. Ia membelikan Chiyo es serut sambil memperhatikan mata anak perempuan itu. Pria ini tertegun: warna mata Chiyo sama dengan warna mata ibunya. Sebelum berlalu, sebagai kenang-kenangan diberinya Chiyo selembar saputangan dan uang jajan cukup banyak.

Hati Chiyo mekar. Ia tak mengira ada orang sebaik sang Chairman — begitu Iwamura biasa dipanggil. Dari situ Chiyo bertekad untuk serius menjadi Geisha. Menyempatkan pergi ke kuil seraya melemparkan uang yang diterimanya dari laki-laki murah hati itu, Chiyo berdoa agar suatu saat ia dipertemukan kembali dengan Iwamura. Tak salah lagi, cinta mengalun lirih dalam diri Chiyo, yang setelah menjadi Geisha mengubah namanya menjadi Sayuri…

Kisah selanjutnya sayang bila diringkas. Lebih baik Anda nikmati sendiri sensasinya!

Oh ya, novel yang pada tahun 2005 diangkat ke layar lebar oleh sutradara Rob Marshall ini memenangkan tiga Piala Oscar untuk kategori Best Achievement in Art Direction, Best Achievement in Cinematography, dan Best Achievement in Costume Design.

Beli langsung buku ini dalam bentuk e-book di GramediaDigital.

Beli langsung buku ini (softcover) di Bukalapak.

Beli langsung DVD film ini di Bukalapak.

Kutipan Kunci

“Pada saat itu, aku berubah dari gadis tak berpengharapan menjadi perempuan yang tahu apa jalan hidupku. Menjadi Geisha adalah batu loncatanku untuk menjadi seseorang… yang punya tempat di hati laki-laki itu” — Chiyo.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s