THE HAPPINESS ADVANTAGE — How a Positive Brain Fuels Success in Work and Life

Ringkasan buku karya Shawn Achor (2010)

Ide Utama

Untuk sukses kita harus merasa bahagia terlebih dulu. Bahagia pertama, sukses kedua. Jangan dibalik. Mengapa demikian? Jawabnya karena rasa bahagia sejatinya adalah etos kerja, bukan semata-mata perkara suasana hati atau mood.

Ringkasan Inti

Berfokus pada cara mengendalikan otak, karya ini menolak pandangan umum bahwa kerja keras adalah tiket meraih segalanya dalam hidup. Ini formula usang yang harus ditinggalkan, demikian penulis buku, Shawn Achor, yang dikenal sebagai pendukung Psikologi Positif.

Pandangannya itu dilandaskan pada serangkaian  penelitian mutakhir yang menunjukkan bahwa otak manusia dirancang untuk berfungsi paling maksimal ketika suasana batinnya positif, bukan pada saat ia tertekan atau ketika netral alias biasa-biasa saja.

Selain berdasarkan penelitian, sudut pandang literasi ini diperoleh penulis dari pengalamannya sendiri selama mengajar di Harvard University. Dalam rentang lebih dari satu dekade berada di lembaga pendidikan itu, Achor mencermati ada perbedaan perilaku antara mahasiswa yang cemerlang dengan rekannya yang biasa-biasa saja dan mereka yang minim prestasi.  Menurutnya, sebagian mahasiswa tertantang saat menghadapi situasi sulit, lainnya tak ambil pusing, dan sisanya merasa tertekan.

Rekomendasi Langkah

So, apa saja prinsip yang perlu diterapkan agar orang merasa bahagia sebelum sukses menghampirinya? Ini rekomendasi penulis:

Pahamilah bahwa sisi atau lingkaran terdalam pada diri manusia sebenarnya adalah rasa bahagia, yang akan berfungsi bak magnet penarik kesuksesan.

Adaptasilah cara berpikir bahwa semesta mendukung usaha kita dan hentikanlah teror batin yang meragukan diri sendiri.

Perbaikilah suasana hati dengan berbagai cara positif mulai dari bermeditasi, menekuni hobi, berkomitmen membuat kebaikan, hingga berolah raga dan berderma.

Kenalilah bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam segala situasi dan setiap pilihan ada konsekuensinya. Dalam kaitan ini, perlu dicatat bahwa pendekatan klasik “fight or flight”/hadapi atau hindari kondisi yang menantang kelihatannya sudah tidak pas lagi.

Buatlah langkah kecil secara konsisten. Ini penting karena perasaan memegang kendali atas sesuatu akan menjaga mood tetap positif. Tidak perlulah membebani diri demi melakukan sesuatu yang besar, apalagi bila sekadar ingin dipandang wah!

Beranilah bangkit setiap kali gagal. Jatuh lima kali, bangun enam kali. Jatuh sepuluh kali, bangun sebelas kali. Memang sulit tapi inilah spirit yang membedakan pemenang dari pecundang.

Bertahanlah 20 detik lebih lama. Bosan saat baca buku? Coba tunggu 20 detik. Mau marah karena ojek tak juga muncul? Tahanlah barang 20 detik. Intinya, tentu saja, sabar dan berusaha mengendalikan diri.

Raihlah dukungan dari lingkungan terdekat dulu karena ini investasi sosial yang potensi imbal hasilnya tak terkira.

Kutipan Penting

“Tentu, kita tak dapat mengubah realita hanya dengan niat semata. Manfaatkan cara kerja otak agar pandangan kita terhadap dunia berubah, yang pada gilirannya mengubah cara kita merespon segala sesuatu.”

“Dalam seminggu, tentukan satu hari di mana Anda berkomitmen untuk berbuat  lima kebaikan.”

“Saat menghadapi kesulitan, misalnya putus cinta atau terkena PHK, orang cenderung mendramatisasinya dalam batin, membayangkan betapa itu semua akan meluluhlantakkan hidupnya untuk sekian waktu ke depan.”

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s