DOSA MALAIKAT — Salvation of A Saint

Buku karya Keigo Higashino (2008 untuk edisi asli bahasa Jepang, 2012 untuk edisi bahasa Inggris)

Ide Utama

Ini novel misteri yang layak diacungi dua jempol. Bagaimana tidak, seorang lelaki, yang berniat mencampakkan istrinya, ditemukan tewas di rumahnya akibat Arsen yang dibubuhkan ke dalam secangkir kopi. Dus, sedari awal pembaca dengan gampang menebak bahwa sang istrilah pelakunya. Eits, namun detilnya tak semudah itu, Ferguso!

Meski punya motif kuat untuk menghabisi pasangan hidupnya, si wanita punya alibi yang sangat kokoh: ia berada ribuan kilometer dari tempat kejadian alias sedang tak di rumah ketika peristiwa itu terjadi.

Ringkasan Inti

Berbeda dengan kebanyakan novel misteri yang biasanya “menyimpan” pelaku untuk diungkapkan di bab terakhir lengkap dengan motif dan kilas balik peristiwanya, karya penulis Jepang ini justru “menyuguhkan” pelakunya di awal.

So, kalau kisah misteri belum-belum sudah ketahuan siapa pembunuhnya, asyiknya di mana? Tantangan untuk membacanya sampai halaman penghabisan, gimana?

Bias Penyelidikan

Nah, di sinilah hebatnya Higashino dalam mengayun emosi pembaca lewat sepak terjang detektif Kusanagi dan Kaoru. Dinamika relasi keduanya dalam menguak pembunuhan ini dijabarkan dengan sangat detil, di mana Kaoru merasa Kusanagi berempati terhadap istri korban. Akibatnya, Kusanagi tidak bisa tidak selain menunjukkan bias dalam penyelidikan.

Untuk membereskan ketimpangan itu, Kaoru meminta Detektif Galileo, Profesor Manabu Yukawa, turun tangan. Sayangnya, tokoh ini pun ikut kebingungan menguak tabir misteri ini.

Silakan Anda nikmati sendiri detilnya. Eh, mungkin sedikit bocoran ini bermanfaat:

Di ujung Bab Satu, Anda tahu siapa pelaku pembunuhan.

Di ujung Bab Dua, Anda tahu apa yang terjadi pada korban.

Tapi…

Butuh lebih dari 300 halaman untuk memahami misteri racun dalam seduhan kopi ini.

Satu saja yang pasti, Anda tidak bakal kecewa saat tiba di halaman pamungkas!

Kutipan Penting

β€œKadang membuktikan tidak ada jawaban atas sebuah pertanyaan sama pentingnya dengan mencari jawabannya.”

“Ini bukan soal hitung menghitung. Ini soal naluri perempuan cerdas yang mencoba mempertahankan diri.”

Beli edisi cetak buku ini di Gramedia.

Beli edisi cetak buku ini di Bukalapak.

Beli edisi cetak buku ini di blibli.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s