THE 48 LAWS OF POWER

Ringkasan buku karya Robert Greene (1998)

Ide Utama

Kekuasaan adalah bagian integral dalam kehidupan. Nah, buku yang terjual hingga lebih dari satu juta eksemplar di Amrik ini mengemas tiga ribu tahun sejarah peradaban manusia ke dalam 48 Hukum, yang perlu dijadikan acuan guna meraih kekuasaan serta menghindari agar kita tidak memanipulasi atau dimanipulasi olehnya.

Ringkasan Inti

Sebagai karya yang harus dibaca berulang-ulang, literasi ini menjabarkan bagaimana cara memperoleh kekuasaan, baik itu dalam bisnis, organisasi, lingkungan atau di mana pun kepemimpinan dibutuhkan.

Oh ya, sedari awal penulis mewanti-wanti bahwa yang namanya kekuasaan itu amoral. Meski demikian, adalah naif untuk tak mempedulikannya lantaran banyak hal positif yang bisa dilahirkan dari kekuasaan yang bertanggung jawab dan berkualitas.

Cuplikan Sekilas

Berikut ini sebagian dari  Hukum Kekuasaan, seperti dikompilasi oleh Greene:

Dalam upaya menggapai puncak, biarkan mereka yang kini berada di atas nampak pintar dan lebih unggul dari Anda. Tak perlulah memamerkan bakat pribadi dan terkesan ingin sohor sendiri.

Manfaatkan musuh dan jangan terlalu percaya pada — maaf — teman sendiri. Lebih baik minta bantuan kepada pesaing daripada repot menggapai uluran tangan teman. Alasannya jelas, urusan dengan yang belakangan ini sering bersifat emosional. Sering timbul perasaan tidak enak ketika apa yang kita harapkan meleset dari perkiraan.

Biarkan orang tahu keinginan Anda tanpa perlu secara langsung mengungkapkannya secara langsung. Gunakan analogi atau obyek yang bisa diasosiasikan untuk mengkomunikasikan itu semua. Dengan begitu, Anda mengajak orang untuk membaca yang tersirat, bukan yang tersurat.

Tidak mengumbar kata-kata. Tak perlu membuat orang terkesan. Biarkan Anda nampak misterius namun pada saat yang sama buatlah sekeliling penasaran akan siapa Anda sesungguhnya.

Bangunlah identitas diri yang khas Anda dan lindungilah reputasi pribadi. Ini jelas tak bisa ditawar, bukan?

Tunjukkan segalanya dengan tindakan, bukan dengan argumen. Tapi di sisi lain, arahkan fantasi orang sehingga mereka mau mengikuti Anda.

Biarkan anggapan bahwa orang lain memegang kendali namun belajarlah membuat mereka bergantung pada Anda.

Lepaskan apa yang kelihatannya tidak dapat dijangkau dan tidak usah terburu-buru memberikan komitmen.

Tidak perlu terobsesi untuk tampil sempurna karena ini dapat memicu kecemburuan sekeliling Anda. Meski demikian, cobalah membuat orang terpesona, minimal jatuh suka dengan gaya Anda.

Jadilah pribadi tak terduga yang tahu kapan harus bertindak dan kapan mesti berhenti.

Kutipan Penting

“Orang yang tidak dapat mengendalikan perkataannya sungguh tak dapat mengendalikan diri. Ia tak layak dihormati.”

“Tidak ada yang lebih memabukkan dan berbahaya ketimbang kemenangan.”

“Motto untuk masa depan adalah ‘tiada hari tanpa kewaspadaan’.”

“Jangan biarkan reputasi Anda menjadi bahan gosip. Reputasi adalah karya seni. Ciptakanlah, bentuklah, dan tampilkanlah itu layaknya seniman yang sangat peduli akan kreasinya.”

Beli edisi cetak buku ini di Bukalapak.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s