365 DAYS WITH SELF-DISCIPLINE

Ringkasan buku karya Martin Meadows (2017)

Ide Utama

Butuh renungan harian yang akan menguatkan langkah untuk menggapai sukses? Coba simak buku ini agar Anda mendapat asupan semangat yang akan menjaga batin selalu positif dan terus berpengharapan. Sedari awal syaratnya satu saja: disiplin diri!

Ringkasan Inti

Kesuksesan itu dimulai dari disiplin terhadap diri sendiri, begitu menurut Meadows. Nah, agar tak merasa sendiri dalam menjalani proses menuju puncak, anggaplah karya ini sebagai sahabat, yang dengan tegas  mengingatkan orang agar melangkah maju setiap hari, tegar menghadapi segala tantangan tanpa menengok ke belakang.

Yuk kita cek isinya, day by day

Hari 1: Perihal menjalani keseharian dengan disiplin

Untuk meraih apa yang kita cita-citakan, kuncinya adalah keras pada diri sendiri. Atau kata lainnya adalah disiplin diri. Biarkan ketidaknyamanan hadir dalam keseharian dan tak perlu surut menghadapinya. Tambahan lagi, jangan korbankan hari ini demi kenyamanan sesaat yang justru akan mempersulit Anda esok hari. Intinya, susah di depan lebih baik ketimbang repot di belakang.

Hari 2: Perihal pilihan pribadi

Setiap kali harus memilih, ingatlah bahwa keputusan yang Anda ambil tidak hanya berpengaruh saat ini saja karena semua ada efek jangka panjangnya. Jangan salah langkah, sekadar menuruti emosi sesaat yang sering kontraproduktif untuk masa depan.

Hari 3: Perihal menjadi manusia seutuhnya

Yang namanya godaan selalu ada dan jangan terobsesi untuk berada dalam situasi steril yang bebas gangguan dalam segala bentuknya. Godaan itu wajar dan manusiawi, demikian ujar penulis. Justru di situlah, tambahnya, letak kita sebagai makhluk yang dapat berpikir dan bertindak diuji. Rangkul semua itu dengan cara melatih “otot kemauan” kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik hari ini.

Nah, sekarang lompat yuk ke…

Hari 9: Perihal diri sendiri di masa depan

Imajinasikanlah seperti apa diri Anda sepuluh, dua puluh atau tiga puluh tahun   di muka. Ajak sosok itu bicara dan pahamilah bahwa ia mungkin memiliki  pandangan yang berbeda dengan Anda saat ini meski kedua gambaran itu adalah orang yang sama. Sejumlah studi menunjukkan bahwa mereka yang sanggup berinteraksi dengan diri sendiri di masa depan cenderung dapat menunda kesenangan, yang berarti mau bersakit-sakit dahulu untuk bersenang-senang kemudian.

Hari 14: Perihal fokus jangka panjang

Mereka yang berhasil adalah yang memelihara fokus dan menganggap tantangan adalah situasi jangka pendek yang pasti akan berakhir. Katakanlah A ingin jadi blogger atau Youtuber kondang. Menulis beberapa artikel atau mengunggah sekian konten, ia mendapati respon minim dari khalayak dunia maya, tak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Tantangan ini  membuatnya berpikir dua hal: pertama, langsung berkesimpulan bahwa ia tak berbakat dan segera membuang mimpi jadi warganet papan atas untuk selanjutnya ganti fokus. Atau yang kedua, A tetap disiplin, berada di jalan yang sama sambil mencari cara agar karyanya lebih menarik. Yang terakhir inilah yang disebut memiliki fokus jangka panjang.

Dan… berbagai tema harian lainnya selama 365 hari yang variatif plus mencakup semua sisi kehidupan.

Kutipan Penting

“Saya percaya jika seseorang ingin meraih potensi puncak maka ia tak mungkin menghindar dari ketidaknyamanan. Melakukan apa yang sama sekali tak menyenangkan adalah kunci untuk meraih tujuan jangka panjang.”

“Mereka yang amatir beranggapan bahwa untuk menjadi profesional dibutuhkan inspirasi dari waktu ke waktu. Namun, kalangan profesional justru memahami bahwa ketika mereka mengandalkan diri pada inspirasi maka saat itulah mereka sebenarnya hanya amatir.”

Tak seorang pun suka tantangan. Meski demikian, hanya dengan itulah Anda mempunyai kemampuan untuk mengatasi beragam kesulitan di masa depan, yang mungkin saja akan meluluhlantakkan jiwa raga seandainya Anda tak mengalami kesulitan itu hari ini.”

Beli versi e-book di Bukalapak.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal dua puluh hari kerja setelah dana terkonfirmasi mengingat karya ini sangat panjang.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s