Inspirasi Pustaka: Kisah Panji Petani Milenial

Di era pandemi COVID-19 ini, yuk kita cari kegiatan yang bebas stres dan tak melulu berurusan dengan gawai alias gadget. Biarlah netizen papan atas dan tengah saja yang sibuk mengomentari atau bahkan menyinyiri beragam perkara di negeri ini, mulai dari yang remeh temeh sampai kelas berat. Hmm… setiap orang punya peran masing-masing, bukan?

Akan halnya remahan rengginang macam Pustaka Buku Bekas, ups, sebaiknya fokus ke urusan yang jelas saja. Jualan buku, bikin tinjauan pustaka, dan sebagainya. Syukur ada yang beli, alhamdulillah ada yang order. Kalo gak ada ya kebangetan. Hehee… peace, ah!

Minahortigan dan Hidroganik

Dan omong-omong soal inspirasi, sudah pasti banyak milenial punya karya jos. Top markotop. Salah satunya adalah Panji Prasetyo, pemuda asal desa Pringgowijayan, Kutoarjo, Jawa Tengah. Jangan tanya pedih perihnya mengasah kreativitas ini. Yang jelas, tantangan menghadang namun peluang juga membentang.

Apa sih memangnya yang digeluti Mas Panji?

Jawabnya ini: ember dan… sampah!

Waduh, bikin ember buat tempat sampah? Atau malah ngacak-acak ember jadi sampah?

Nope. Jangan salah. Brother kita ini membuat terobosan yang disebut instalasi Ember Tumpuk. Ide awal kreasi ini bergulir atas bimbingan dari dosen Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Jogjakarta, Jurusan Ilmu Tanah, Bapak Nasih Widya Yuwono.

Jadi, dua ember ditumpuk dan diisi limbah organik rumah tangga, tunggu selama beberapa lama agar fermentasi yang berlangsung di dalamnya sempurna dan taraaa!!!  muncullah Pupuk Organik Cair. Nih, ember disusun seperti ini!

 

Gimana, keren kan?  Dengan inovasi ini, urusan sampah rumah tangga jadi lebih gampang dibereskan.

Dan tak sampai di situ, didukung ayahanda, adik, dan kakak sepupunya, Hidroganik by Bengkel Tani, yang dikembangkan alumni Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro ini, juga menawarkan alternatif menanam sayuran dan memelihara ikan lele dalam ember.

Namanya Ember Minahortigan. Ini gambarnya:

Nah, itu baru satu ember atau instalasi tunggal.

Ada juga beberapa ember yang dirangkai jadi satu. Ada yang dua, tiga, dan bahkan empat sekaligus seperti ini:

Ini ketika sayuran tak lama lagi bakal panen:

Instalasi Urban Farming

Tambahan lagi nih, guys, Panji yang hobi membaca buku biografi tokoh sukses ini punya tekad membara untuk jadi agripreneur. Yup, selain menjual ember untuk budidaya flora dan fauna, ia juga menerima pesanan aneka rakitan Urban Farming. Yang penasaran, ini artinya kurang lebih pertanian di lahan terbatas, umumnya di kawasan perkotaan.

Seperti ini bentuknya:

Pendek kata, kesibukan harian Panji selalu terkait dengan ijo-ijoan, yang bikin mata seger! Peminat produknya pun dari berbagai kalangan, mulai individu pehobi tanaman, kelompok tani, hingga instansi pemerintah dan swasta. Beberapa di antara mereka bahkan meminta anak muda ini untuk mengisi pelatihan terkait pertanian modern.

Sekali waktu, sulung dua bersaudara ini pun menjadi tamu di acara radio di kotanya. Ini dokumentasinya:

 

Sedia Bibit Buah dan Sayuran

Hidroganik by Bengkel Tani juga menyediakan aneka bibit buah dan sayur. Sebut saja bibit duren musang king, bawor, duren hitam; bibit alpukat aligator; cengkeh Zanzibar; rambutan; jambu; dan sebagainya. Rata-rata tinggi bibit yang dijual antara 60 hingga 80 cm. Untuk sayuran, bibit yang banyak dipesan biasanya selada, sawi, kangkung, pakchoy, dan cabe.

Simak aneka fotonya berikut ini:

Memang, selalu ada jalan untuk memulai sesuatu dan semoga Anda menemukan momen aha di sini!

Dan tentu… akan selalu ada jalan bila Anda berminat order Ember Minahortigan, instalasi Urban Farming, maupun bibit buah dan sayur. Mas Panji akan menyambut sahabat Pustaka Buku Bekas dengan senang hati.

Untuk yang penasaran dengan sosok inspiratif ini, silakan cek di tuyub, eh YouTube, ini courtesy dari kanal Seputar Poerworedjo:

Panji dapat dihubungi via Instagram di @agrimix03/bengkel_tani (ikamaja).

Langsung order jos, tanya tanya dulu oke 

Anda yang ingin langsung order tentu sangat dipersilakan. Jangan khawatir, harganya sangat terjangkau dan beberapa sudah dalam bentuk paket agar lebih praktis. Yang mau tanya-tanya dulu juga boleh.

Kirim order langsung Anda atau pertanyaan lewat formulir berikut, ya!

PS: Ingin bisnis Anda dipromosikan dalam tuturan nge-pop ala Pustaka Buku Bekas? Silakan hubungi kami melalui formulir berikut:

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s