PRESIDEN GUYONAN

Presiden Guyonan

Judul: Presiden Guyonan, 240 halaman

Penulis: Butet Kartaredjasa

Penerbit: Noura Books, Jakarta 2013

Review: Melucu itu perkara serius dan tak main-main. Setingkat di atas itu, yang lebih susah lagi adalah menulis lucu. Mbaca-nya sih dua tiga menit kelar, tapi meramunya, hmm… jangan tanya!

Dan ndilalah, di tangan Butet yang asli Jogja itu, hidup adalah sumber lelucon. Ups, setidaknya ia berhasil mengolahnya jadi bahan untuk ditertawai.

Ngguyu… alias tertawa, inilah perkara tunggal yang diarahkan demi menghasilkan gol di buku ini: bentuknya bisa tertawa lepas, tertawa malu, tertawa sinis atau malah yang jaim, ogah ketawa! Huff…

Karya yang penuh kesegaran ini membingkai ulah Mas dan Mbakyu Celathu dalam  serba serbi keseharian, mulai dari urusan sepele hingga genting. Betul, pasangan suami istri itu adalah tokoh utama buku ini.

Anda yang asli Jawa mestinya paham, kata “celathu” berarti menyeletuk atau berkomentar spontan. Dan memang, melalui  suami istri Celathu itulah, putra seniman Bagong Kussudiardjo ini menggelitik dan menggedor dengan tawa. Barangkali, ini nyaris setara dengan sketsa kondang  “Mangan Ora Mangan Kumpul” yang ditulis oleh budayawan Umar Kayam di harian Kedaulatan Rakyat dulu.

Kisah di halaman awal boleh jadi contoh.

Ceritanya menjelang pemilu: Mas dan Mbakyu Celathu miris dengan banyaknya poster calon anggota legislatif yang bertebaran di seluruh penjuru kota. Celetuk si Mas, “Semua calon mencoba menyihir dan membujuk. Sialnya, rakyat tak pernah kenal siapa mereka…”

Bener gitu kan?

Lalu, entah bagaimana, pasangan tersebut kemudian menemukan beberapa poster yang tidak biasa.

Mak jenggirat, tertulis di situ nama calonnya Butet Kartaredjasa. Disebutkan demikian di dekat nama itu, “Jangan pilih saya, soalnya sering ngomong saru!”

Lantas di sebelahnya, ada baliho aneh lagi dari calon bernama Djaduk Ferianto. Katanya, “Jangan coblos saya, soalnya saya sering ke panti pijat!”

Andai para caleg masa depan berani jujur seperti itu, betapa warasnya negeri ini!

Hahaaa…

Harga: Rp. 50.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

beli

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s