Book of Wisdom: AS A MAN THINKETH (BAGIAN I)

As a Man Thinketh

Ingin tahu seperti apa isi buku legendaris “As A Man Thinketh” karya James Allen?

Well… look no further, then.

Berikut adalah intisari buku tersebut, yang diharapkan dapat menjadi penawar rasa penasaran bagi Anda yang kebetulan tengah mencari karya motivasional klasik ini.

Go on reading!

“Pikiran adalah kekuatan Tuan yang menempa dan membentuk. Lingkungan hanyalah kaca pembesarnya.”

Buku ini terdiri dari tujuh bahasan pokok, yakni: Pikiran dan Karakter, Efek Pikiran pada Keadaan, Efek Pikiran pada Kesehatan dan Tubuh, Pikiran dan Tujuan, Faktor Pikiran pada Keberhasilan, Visi dan Cita-cita serta yang terakhir perihal Keheningan.

Pikiran dan Karakter

“Seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri, demikianlah ia,” begitu bunyi ayat dalam sebuah kitab suci.

Adagium di atas berlaku dalam segala situasi. Setiap saat, akan selalu berlaku aturan dasar ini: kita adalah apa yang kita pikirkan. Jika benak dipenuhi pikiran jahat, kita pasti akan menderita; jika pikiran kita murni, kegembiraanlah yang bakal menghampiri.

Jadi, manusia sejatinya tercipta dan binasa oleh dirinya sendiri; dialah pembuat sekaligus penguasa hidupnya. Dengan pikiran, seseorang bisa mengasah senjata, yang bisa melukainya. Pun, ia dapat menciptakan peralatan untuk membangun rumah surgawi, yang berisi kegembiraan, kekuatan dan kedamaian bagi dirinya.

“Setiap kita selalu menjadi tuan bagi diri sendiri, bahkan ketika kita berada dalam keadaan yang paling lemah dan tercampakkan. Dalam kelemahan dan keterpurukan, kita sebenarnya menjadi tuan yang bodoh dan salah mengurus “rumah tangga” kita.”

“Saat mulai merefleksikan kondisi kita dan mencari dengan seksama Sang Hukum yang menjadi dasar pembentukan diri sendiri, kita akan menjadi tuan yang bijaksana… dan memfokuskan pikiran kita hanya kepada isu-isu yang bermanfaat. Itulah contoh tuan yang menyadari dirinya dan kita bisa menjadi seperti itu…”

Sekali lagi, kita adalah pencipta karakter diri sendiri, pembentuk kehidupan serta pembangun nasib kita sendiri. Hanya dengan pencarian seperti inilah emas dan intan (baca: segala kemudahan dan berkah dalam hidup) bisa diraih. Inilah Kuil Pengetahuan yang utama.

Bagaimana efek pikiran seseorang terhadap lika-liku kehidupannya?

Bagian kedua dari tulisan ini, bisa dibaca di sini.

Have fun and enjoy yourself!

3 thoughts on “Book of Wisdom: AS A MAN THINKETH (BAGIAN I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s