8 WAJAH KELAS MENENGAH

Judul: 8 Wajah Kelas Menengah, 365 halaman.

Penulis: Yuswohady, Kemal E. Gani.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015.

Review: Apakah yang dimaksud dengan kelas menengah?

Jawabnya adalah kelompok masyarakat yang standar hidupnya lumayan. Mereka ini terdidik, punya pekerjaan/kesibukan tetap, melek teknologi dan terkoneksi secara sosial. Inilah wajah sebagian masyarakat kita dewasa ini secara umum, yang biasanya hidup di kota-kota besar maupun kawasan penyangga di sekelilingnya.

Lantas, apa perlunya kita paham perihal kelas menengah di tanah air?

Itu karena mereka — atau sebutlah kita — telah banyak mengubah wajah konsumen serta strategi pemasaran di negeri ini. Nah, bertambahnya kelas menengah di sebuah negara pastilah membawa  konsekuensi sekaligus peluang yang layak ditangkap.

Lihat saja, semua orang sekarang mau cepat, cari yang gampang dan butuh kejelasan segera. Perlu tumpangan tinggal order online, mau belanja tinggal cari di internet, butuh referensi langsung ketik kata kunci di mesin pencari, dan seterusnya.

Berdasarkan penelitian tim penulis buku ini, potret kelas menengah di Indonesia itu ternyata tak semacam. Ada banyak kategori di dalamnya, yang wara-wiri dalam keseharian kita, di antaranya:

  • Expert: mereka ini kebanyakan profesional seperti dokter, arsitek, konsultan, pengacara, dan sebagainya. Ritme hidup golongan ini rutin, tak punya banyak waktu luang untuk keluarga dan nyaris tersandera oleh pekerjaan.
  • Climber: yang ini umumnya bekerja sebagai buruh pabrik, salesman, supervisor, dan sejenisnya. Menaikkan taraf hidup dan mendongkrak karir adalah fokus mereka. Banting tulang tiap hari adalah ide dasar yang dipegang teguh demi kesejahteraan diri dan keluarganya.
  • Aspirator: kalangan ini biasanya sudah mapan dan cukup puas dengan kondisi ekonomi pribadi. Punya pikiran terbuka dan peduli nilai-nilai universal adalah juga karakteristik sang aspirator. Isu-isu terbaru selalu mereka lahap dan tak jarang dari situ muncul kepedulian sosial.
  • Trend-setter: kelompok ini punya daya beli cukup tinggi dan ingin jadi yang terdepan dalam urusan apa pun. Gawai/gadget teranyar itu penting, baju model terbaru merek X atau Y harus punya, dan sebagainya. Mereka ini cenderung jadi korban mode dan butuh perhatian.

Bagaimana dengan empat golongan yang lainnya?

Silakan baca sendiri saja, deh, biar lebih gamblang paparannya.

Yang pasti, buku ini asyik dan perlu. Ia memotret saya dan Anda. Ia memotret kita hampir di setiap momen di mana preferensi pribadi muncul.

Ayo, ambil langkah untuk memahami dinamika kelas menengah Indonesia. Temukan ide-ide penting yang tersirat di dalamnya demi kemajuan karir, bisnis maupun pengembangan pribadi Anda. Siapa yang menolak berarti ia jalan di tempat!

Kids jaman now mungkin bakal nyeletuk, “Gak ngerti ginian, kelar idup lo!”

Duh, ngeri amat, sih! Hehee…

Harga: Rp. 45.000,- di luar ongkos kirim.

Persediaan terbatas.

 

 

 

 

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s