The 7 HABITS of HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE, 30th Anniversary Edition

Ringkasan buku karya Stephen Covey dan Sean Covey (2020)

Ide Utama

The 7 Habits of Highly Effective People pertama kali diterbitkan pada 1989 dan hingga kini telah terjual sebanyak 40 juta eksemplar. Buku ini menggarisbawahi pentingnya kekuatan untuk memilih apa yang perlu kita fokuskan dalam setiap situasi.

Efektivitas personal, itulah pesan mendasar yang disuguhkan Stephen Covey dan putranya, Sean Covey. Untuk mencapainya, kuasai dulu Kebiasaan 1-3 demi mencapai keberhasilan di level diri sendiri. Setelah itu baru meningkat ke Kebiasaan 4-6 guna menggapai keberhasilan di level publik. Terakhir, kuasai Kebiasaan 7, di mana rangkaian sebelumnya bakal menjadi fundamental kokoh bagi individu untuk menjadi pribadi penuh daya!

Ringkasan Inti

  1. Karakter setiap individu adalah gabungan dari kebiasaannya sehari-hari, yang oleh buku ini diarahkan untuk menjadi kian positif dari waktu ke waktu.
  2. Kemenangan di level individu diraih dengan menggenapi Kebiasaan 1, 2, dan 3. Sukses di tahap ini berarti Anda memiliki kesadaran bahwa untuk berhasil dalam hidup dibutuhkan kesadaran dari dalam diri. Ya, kesadaran bahwa segalanya harus dimulai dari saya, saya dan saya. Niat saya, usaha saya, konsistensi saya dan seterusnya.
  3. Kemenangan di level publik dicapai dengan menerapkan kebiasan 4,5, dan 6, yang menitikberatkan pada pentingnya kerjasama individu dalam kelompok beserta interaksi dan komunikasi di dalamnya. Dan ini semua hanya akan optimal ketika seorang individu memahami posisinya serta telah mencapai kemenangan di tahap sebelumnya.
  4. Efektifitas Pribadi akan mulai diraih ketika Anda menggapai Kebiasaan 7. Ini adalah level di mana kolaborasi memainkan perannya: Anda sadar bahwa alur untuk sukses dimulai dari dalam diri dan mengarah keluar. Bukan sebaliknya. Tambahan lagi, jadikanlah orang lain, kelompok maupun lingkungan sebagai bagian dari kekuatan positif, booster yang mendukung kesuksesan individu.

Kutipan Kunci

“Intinya bukan memprioritaskan apa jadwal Anda melainkan menjadwalkan apa prioritas Anda.” — Stephen Covey

“Kebanyakan orang hanya sekadar mendengarkan, bukan memahami.”

“Semailah pikiran yang akan menjadi tindakan, semailah tindakan yang akan menjadi kebiasaan, semailah kebiasaan yang akan menjadi karakter, dan semailah karakter yang akan menjadi takdirmu.”

Beli langsung buku ini (edisi cetak) di Bukalapak.

Beli langsung buku ini (edisi cetak) di blibli.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s