ATOMIC HABITS — An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones

Ringkasan buku karya James Clear (2018)

Ide Utama

“Atomic habits” adalah segenap kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari jejaring yang lebih besar, tak ubahnya seperti atom adalah bagian dari molekul dalam ilmu kimia.

Pengarang buku best seller ini, James Clear, menyatakan bila seseorang ingin memperbaiki kualitas hidup atau produktivitasnya, alih-alih melakukan lompatan drastis yang tiba-tiba, cukup lakukan perubahan kecil sedikit demi sedikit setiap hari. Satu persen perubahan yang diupayakan terus menerus pada saatnya akan membawa perbedaan 180 derajat, yang mengubah situasi atau keadaan yang bersangkutan.

Ringkasan Inti

Pada level fundamental, terdapat setidaknya empat aturan untuk mengembangkan kebiasaan atomik:

Jelas arahnya: niatkan dalam hati bahwa yang akan Anda lakukan itu sederhana dan terukur. Misalkan, “Saat situasi A muncul, maka saya akan bertindak B”. Atau, “Agar saya tidak melakukan C, maka saya jangan berada di D atau bersama si Anu.”

Menarik kompensasinya: siapkan dukungan personal dengan mengizinkan diri sendiri mendapatkan hadiah ketika Anda dapat mengerjakan sesuatu yang baru atau tidak melakukan hal tertentu dalam satu hari. Misalkan, “Saya akan memberi diri sendiri X bila berhasil melakukan Y atau tidak melakukan Z.”

Mudah pencapaiannya: kata kuncinya di sini adalah praktik dan pengulangan, “learning by doing”. Untuk mencapai tujuan A, sebatas membaca atau mencari tahu bagaimana mencapainya tidaklah cukup. Singkat kata, jangan kebanyakan wacana tapi minim tindakan.

Memuaskan hasilnya: saat berhasil melakukan X atau tidak melakukan Y, pastikan efeknya membuat batin Anda nyaman dan gembira. Selain itu, nikmati kompensasi yang sudah Anda tentukan sebelumnya — sesederhana apa pun itu— dengan harapan momentum perubahan yang sedang terbangun tidak menguap percuma.

Setelah tahap fundamental di atas menampakkan kemajuan berarti, kini saatnya menuju babak lanjutan: menemukan titik rawan atau sumbatan yang kerap membuat seseorang yang telah menempuh separuh jalan untuk berubah malah kocar kacir, “back to square one”.

Pada titik ini, Anda perlu melakukan identifikasi masalah. Misalkan, “Saya susah melakukan A karena B.” “Saya sulit melakukan lari pagi karena susah bangun.” Inilah contoh sumbatan yang harus dibereskan. Bila berhasil diatasi, teruslah bergerak maju. Dan ketika muncul tantangan lain di depan, bereskan lagi sumbatan itu. Begitu seterusnya. Jaga semangat agar tidak jatuh dalam jerat yang telah diatasi sebelumnya.

Kutipan Kunci

“Bukan salah Anda bila sulit mengubah kebiasaan. Masalahnya ada pada sistem batin Anda. Kebiasaan buruk yang berulang bukan berarti yang bersangkutan tak mau berubah. Bereskan sistem dalam diri dan perubahan pun bakal terjadi.” — James Clear

Beli langsung buku ini dalam bentuk e-book di GramediaDigital.

Beli langsung buku ini (softcover) di Bukalapak.

Beli langsung buku ini (softcover) di blibli.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s