THE 5AM CLUB — Own Your Morning, Elevate Your Life

Ringkasan buku karya Robin Sharma (2018)

Ide Utama

Bergabunglah dengan lima persen orang paling berprestasi di dunia. Caranya, lakukan rutinitas yang tidak dilaksanakan oleh 95 persen orang. Apakah itu? Ini: bangun jam lima pagi!

Pasti susah awalnya. Tapi seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan menjadi kebiasaan, membentuk pola yang akan membantu kesehatan lahir dan batin individu, demikian menurut Robin Sharma.

Ringkasan Inti

Pahamilah, sukses dimulai pagi hari

Membuka mata jam lima pagi dipercaya membantu benak berfungsi optimal dan lebih mudah berfokus. Tambahan lagi, bagian otak bernama prefrontal cortex, yang berfungsi membuat kita cemas atau cenderung melakukan analisis berlebihan, biasanya belum aktif pada awal kita membuka mata.

Artinya, bangun pagi menawarkan ketenangan batin yang meningkatkan hormon dopamine dan serotonin, begitu menurut penulis dan motivator sukses ini.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan saat membuka mata?

Robin Sharma merekomendasikan Formula 20/20/20.

Dua puluh menit pertama untuk membuat tubuh Anda berkeringat dengan gerak badan.

Dua puluh menit kedua untuk merencanakan sesuatu. Katakan atau tuliskan apa yang ingin Anda capai sepanjang hari.

Dua puluh menit berikutnya untuk berimajinasi. Anda ingin apa, punya rencana apa? Ambil waktu untuk membayangkan hasilnya.

Catatan: tentu rutinitas di atas disesuaikan dengan konteks lokal dan individu. Ada yang menjalankan shalat Subuh dulu, ada yang mengambil Saat teduh atau melakukan meditasi. Intinya, mulai dengan memohon berkah dari Sang Maha Kuasa.

Jalanilah formula di atas sedikit demi sedikit tapi konsisten untuk hasil yang luar biasa seiring berjalannya waktu.

Dengan begini, keseimbangan lahir batin dapat dicapai. Jalankan formula tersebut selama 66 hari dan kebiasaan baru yang memberdayakan pun terbentuk.

Keluarlah dari zona nyaman, bahkan pada saat Anda telah menjadi lebih baik.

Yup, pahami bahwa perkembangan pribadi berlangsung sepanjang waktu dan tak pernah usai. Di satu sisi jangan cepat puas namun di sisi lain juga Anda harus mengembangkan kebiasaan bersyukur.

Trik

Matikan komputer atau laptop setelah jam delapan atau sembilan malam dan segeralah pergi tidur! Ketika Anda cepat terlelap, kemungkinan untuk bangun pagi lebih besar.

Sisihkan waktu satu jam setiap hari untuk belajar, bahkan saat di jalan pergi dan pulang kantor/aktivitas lainnya bila kebetulan naik bis, kereta, taksi atau menggunakan supir. Membaca atau mendengarkan buku, ikut les online, atau konsultasi dengan mentor pastilah lebih baik ketimbang browsing berita rumor atau heboh bersaut-sautan seputar gosip di media sosial.

Kutipan Kunci

“Jam lima pagi adalah waktu penuh ketenangan di mana Anda dapat dengan mudah berfokus dan menemukan jalan yang mendukung kesuksesan.” — Robin Sharma

“Para jenius di dunia kebanyakan meraih prestasi bukan karena bakat yang dimilikinya melainkan lebih karena rutinitas harian mereka.”

Beli langsung buku ini dalam bentuk e-book di GramediaDigital.

Beli langsung buku ini (edisi cetak) di Bukalapak.

Beli langsung buku ini (edisi cetak) di blibli.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s