THE TAO OF POOH

Ringkasan buku karya Benjamin Hoff (1983)

Ide Utama

Bahagia dari waktu ke waktu dan tetap tenang menghadapi segala situasi, inilah tema mendasar buku ini.

Penulisnya menggunakan karakter dalam kartun legendaris Winnie the Pooh  untuk menerangkan konsep Taoisme dalam bahasa sederhana agar mudah dimengerti awam.

Ringkasan Inti

Tao berarti jalan. Taoisme — atau Daoisme — secara sederhana berarti prinsip kehidupan selaras dengan alam, yang dikembangkan oleh Laozi/Lao-Tse di Tiongkok yang hidup sekitar abad ke-6 Sebelum Masehi. Dengan ketekunannya selaku pegawai Perpustakaan Kerajaan di masa Raja dari Dinasti Kau, Laozi mempelajari aneka buku kuno untuk selanjutnya mengembangkan pandangannya sendiri tentang agama dan filsafat Tao.

Bersama Konfusianisme dan Buddhisme, Taoisme tumbuh dan ketiganya menyatu sebagai pedoman turun-temurun kehidupan sehari-hari di Cina. Bila diibaratkan buah, Hoff menyatakan bahwa Taoisme memandang hidup apa adanya, Konfusianisme melihatnya sebagai kecut atau masam, dan Budhisme merasakannya sebagai pahit atau penuh kedukaan.

Pooh & Friends

Taoisme dalam literasi ini dijabarkan melalui rangkaian kisah menggunakan karakter Winnie si Beruang Madu yang hidup di hutan, Hundred Acre Wood, bersama teman-temannya.

Ada…

Piglet yang terbuka dan percaya diri.

Owl yang pintar dan rasional.

Rabbit yang tekun dan suka bekerja keras.

Tigger yang langkahnya tiada batas dan suka menolong.

Eeyore yang banyak mengeluh dan melihat segalanya dari sisi negatif.

Kanga yang sabar dan ramah.

Christopher Robins yang hobi merenung dan menikmati pikirannya.

Dan tentu…

Winnie si beruang madu yang simpel dan kekanak-kanakan. “Honeeey!” adalah seruan favoritnya, makanan kesukaannya tiap hari.

Food for Thought

Banyak makanan batin dalam buku ini.  Simak misalnya yang berikut:

β€œAnda sungguh ingin bahagia? Mulai saja dengan menghargai diri sendiri, mensyukuri segala yang Anda miliki, apa pun dan seberapa pun itu. Anda ingin sengsara? Mulai dengan rasa tidak puas. ‘Pohon besar yang bisa Anda jangkau dimulai dengan benih kecil; perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah.’ Kebijaksanaan, kebahagiaan, dan keberanian tidak menunggu di satu tempat di balik horizon; Semuanya adalah siklus yang dimulai dan berakhir di sini.”

Atau ini:

β€œDalam diri kita ada sosok Owl, Rabbit, Eeyore, dan Pooh. Sudah terlalu lama kita memilih jalan ala Burung Hantu dan Kelinci. Sekarang, seperti Keledai, yang terus mengeluh karena apa yang kita usahakan hasilnya tak sesuai harapan. Keluhan itu tak akan mengubah apa pun. Mari beralih, ambil Jalan Pooh. Ada suara kanak-kanak dalam batin kita, yang terus mencari kegembiraan. Meski  tak mudah mendengarnya namun mengikuti suara itu adalah penting. Tanpanya, kita tidak akan pernah menemukan jalan untuk menjelajahi Hutan.”

Kutipan Penting

“Jalan pasti untuk merasa tegang, ragu dan bingung adalah mengembangkan batin yang terus bekerja — berpikir terlalu banyak.” — Benjamin Hoff

“Segala sesuatu berjalan tepat seperti adanya di saat yang apa adanya. Paling tidak begitulah ketika Anda membiarkannya demikian. Poinnya adalah menerima situasi dan tidak  mengatakan, ‘Bukan begini’ serta berusaha keras untuk mengubahnya.”

“Rabbit itu pintar,” gumam Pooh.

“Benar,” sahut Piglet, “Dia cerdas.”

“Rabbit itu jenius,” kata Pooh lagi.

“Ya,” jawab Piglet, “Dia jenius.

Keduanya lantas terdiam lama.

“Ini cuma anggapanku,” kata Pooh, “bahwa sebenarnya kita tak pernah benar-benar memahami apa pun.”

Beli langsung buku ini (edisi cetak) di Bukalapak.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s