FOOLED BY RANDOMNESS — The Hidden Role of Chance in Life and in the Markets

Ringkasan buku karya Nassim Nicolas Taleb (2001)

Ide Utama

Untuk meraih sukses yang luar biasa, kerja keras dan keterampilan tingkat mahir ternyata belum cukup. Anda butuh satu lagi, yakni  keberuntungan. Tapi masalahnya, yang belakangan ini acak sifatnya alias tidak dapat diperkirakan!

Ringkasan Inti

Jangan tertipu oleh sesuatu yang acak dan menganggapnya sebagai sebuah pola.

Kebenaran pendapat ini, menurut Taleb, terlihat jelas di pasar saham. Banyak trader atau investor pemula yang di awal karirnya terus menerus meraih cuan hingga serta merta menganggap diri mahir atau bahkan jenius. Pada kenyataannya, semua itu ilusi karena sebenarnya fenomana itu acak saja. Pas perkiraannya benar, pas situasi  pasar mendukung, dan sebagainya. Bila tak hati-hati dan cepat berpuas diri, tak jarang yang bersangkutan  kejeblos, justru pada saat ia memegang eksposur yang besar atas satu atau beberapa saham.

Sukses di awal bukan berarti seseorang itu jagoan atau berbakat. Bukan berarti ia punya tiket terusan yang bakal menjaminnya berhasil tanpa hambatan jangka menengah dan panjang. Mengapa? Ya itu tadi, karena di sinilah faktor keberuntungan — atau penulis buku ini menyebutnya keacakan, memegang peranan.

Kalau begitu, bagaimana agar kita tidak terjebak oleh situasi yang membuat kita memandang diri sendiri begitu cerdas dan berbakat dalam satu bidang tertentu?

Hidup Tak Bisa Ditebak

Well, memang tidak mudah. Tapi setidaknya, penulis buku best-seller the Black Swan ini menyodorkan beberapa pandangannya sebagai berikut:

Pertama: kita tidak pernah bisa yakin bahwa teori apa pun seratus persen benar karena segalanya terus berubah. Tidak ada yang bisa tahu pasti. Jadi, selalu sediakan ruang bahwa bisa jadi asumsi kita salah, asumsi orang lain juga bisa meleset dan seterusnya.

Taruhlah dalam perkara saham. Rekomendasi yang kemarin akurat, sangat bisa jadi salah besar untuk perdagangan hari ini. Apa yang oleh pakar diperkirakan kondisi A bakal muncul, yang terjadi justru A aksen atau kebalikan dari yang diproyeksikannya.

Kedua: kita mesti menyadari bahwa hidup memang tidak adil dan non-linear. Ini bermakna bahwa yang terbaik tidaklah selalu muncul sebagai pemenang!

Di dunia bisnis misalnya, sering produk yang biasa-biasa saja justru merajai pasar ketika mayoritas orang menggunakannya dan merekomendasikannya kepada yang lain. Hal yang tidak linear seperti ini susah diprediksi dan tak bisa dilawan.

Tiga: Kita harus bisa membedakan mana voice/pesan dan mana noise/kebisingan.

Pada saat ingin membeli misalnya laptop atau telpon pintar misalnya, sudah pasti Anda mengumpulkan banyak informasi sebelum sampai pada satu pilihan. Sialnya, saking banyaknya masukan yang didapat, Anda malah bingung sendiri.

Inilah kondisi di mana kita tenggelam dalam kebisingan data, yang justru melumpuhkan pikiran dan semangat. Keburu capek sebelum menjatuhkan pilihan. Inilah juga mengapa banyak orang membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

Yakinlah, Anda atau kita tidak butuh sebegitu banyak data untuk membuat sebuah keputusan. Dalam urusan laptop atau handphone atau apa pun dalam keseharian, Taleb menyarankan Anda cukup memahami saja bagian mana dalam diri yang ingin dipuaskan: apakah sisi emosi atau sisi praktis barang yang hendak dibeli.

Keempat: kita perlu mempertimbangkan hal-hal yang tidak atau kurang diketahui. Dengan begini, kita mengembangkan sikap terbuka. Pada saatnya perlu berubah pikiran atau beralih pendapat, maka sadarilah bahwa ini sama sekali bukan kelemahan.

Kutipan Penting

“Sukses yang biasa-biasa saja disebabkan oleh keterampilan dan kerja keras. Sukses yang luar biasa disebabkan oleh faktor pembeda.”

“Pahlawan adalah mereka yang bersikap heroik, bukan karena keberhasilan yang bersangkutan memenangkan atau mengalahkan sesuatu.”  

Beli edisi cetak buku ini di Bukalapak.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s