50 BUKU BISNIS PILIHAN YANG WAJIB DIBACA — Kumpulan Gagasan Terpenting tentang Inovasi, Manajemen, dan Strategi

Ringkasan buku karya Tom Butler-Bowdon (2018)

Ide Utama

Apa rekomendasi buku bisnis terbaik?

Bagaimana memastikan bahwa buku bisnis yang kita baca akan menawarkan ide bagi tumbuhnya inovasi, strategi dan dukungan bagi keberhasilan usaha?

Tidak mudah menjawab dua pertanyaan tersebut karena yang namanya bisnis atau wirausaha dipengaruhi oleh banyak faktor.

Ringkasan Inti

Agar tidak pusing sendiri dan tenggelam dalam keraguan, ada baiknya Anda menjadikan buku satu ini sebagai referensi. Yup, Butler-Bowdon susah payah menyusun kompilasi literasi bisnis yang perlu dibaca untuk dipraktekkan isinya.

Setidaknya, ada 50 karya yang perlu Anda cermati. Berikut ini daftarnya, lengkap dengan tema besarnya masing-masing:

1. P.T. Barnum – The Art of Money Getting (1880): tidak ada jalan pintas bagi bisnis yang sukses; promosi terbaik dalam hal ini adalah karakter positif pelakunya.

2. Richard Branson – Losing My Virginity (1998): jangan takut beda dan lain dari yang lain. Saat mengembangkan produk atau layanan baru, cobalah tawarkan nilai tersendiri dan pancangkan tekad untuk dapat meraih perhatian pasar.

3. Andrew Carnegie – The Gospel of Wealth (1899): para pencipta kekayaan memiliki kewajiban moral memberdayakan kehidupan orang lain dengan cara mereka sendiri.

4. Alfred Chandler – The Visible Hand (1977): yang membawa kemajuan berarti dalam bisnis adalah bagaimana manajemennya dikelola.

5. Ron Chernow – Titan: The Life of John D. Rockefeller, Sr. (1998): yang paling pas untuk melayani kebutuhan konsumen adalah usaha raksasa yang sifatnya monopoli namun sanggup memberikan kualitas terbaik dengan harga bersaing.

6.  Clayton Christensen – The Innovator’s Dilemma (1997): idealnya, bisnis perlu terlibat dalam β€œinovasi yang bikin penasaran” jika ingin bertahan dan berkembang pesat.

7.  Duncan Clark – Alibaba: The House that Jack Ma Built (2016): jangan takut pada pemain besar di industri yang Anda geluti. Visi, kesabaran, dan kelincahan adalah resep untuk mengalahkan mereka.

8. Jim Collins – Great by Choice (2011): bisnis hebat akan tetap unggul kendati dalam masa-masa penuh gejolak.

9.  W. Edwards Deming – Out of the Crisis (1982): bisnis yang unggul akan selalu berfokus pada kualitas serta pengembangan sistem menuju yang lebih baik.

10.  Peter Drucker – The Effective Executive (1967): efektivitas di tempat kerja bergantung pada kejelasan tujuan dan keinginan individu untuk berkontribusi.

11.  Roger Fisher, William Ury & Bruce Patton – Getting To Yes (2011): negosiasi yang berhasil didasarkan pada serangkaian prinsip, bukan tekanan.

12.  Martin Ford – Rise of the Robots (2015): otomatisasi dan kecerdasan buatan akan mengubah lanskap kerja dan produksi selamanya.

13.  Michael E. Gerber – The E-Myth Revisited (2001): kunci kemakmuran sejati dalam bisnis adalah bekerja bagi perusahaan Anda, bukan sekadar berada di dalam lingkungan perusahaan tersebut.

14.  Conrad Hilton – Be My Guest (1957): ide dan kemauan untuk berpikir besar adalah dua komponen bagi terciptanya bisnis yang kokoh.

15.  Ben Horowitz – The Hard Thing about Hard Things (2014): tidak ada yang benar-benar mempersiapkan Anda untuk memimpin organisasi  atau bisnis; itu semua hanya dapat diraih dengan menghadapi satu per satu tantangan yang muncul.

16.  Walter Isaacson – Steve Jobs (2011): visi yang hebat membutuhkan intensitas yang kuat untuk dapat diwujudkan.

17.  Josh Kaufman – The Personal MBA (2010): tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pendidikan bisnis terbaik.

18.  Guy Kawasaki – The Art of the Start (2004): tujuan mendasar dalam berbisnis atau menjalankan usaha adalah untuk  mempunyai makna dan memiliki nilai tambah.

19.  John Kay – Obliquity (2010): bisnis yang menempatkan keuntungan sebagai prioritas di atas misi usaha dapat dipastikan bakal goyah dalam jangka panjang.

20.  Stuart Kells – Penguin and the Lane Brothers (2015): bangunlah bisnis  yang sanggup menjadi penyemangat hidup orang banyak atau menjadi jalan untuk membuat mereka menjadi pribadi berkualitas.

21.  W. Chan Kim & RenΓ©e Mauborgne – Blue Ocean Strategy (2005): fokus bisnis seharusnya bergeser dari persaingan menuju lompatan besar dalam membangun nilai-nilai baru dan pasar yang belum jenuh.

22.  Phil Knight – Shoe Dog (2016): bisnis yang hebat adalah hasil dari hasrat membara para perintisnya.

23.  Richard Koch & Greg Lockwood – Simplify (2016): untuk menjadi bisnis besar, produk dan layanan perlu disederhanakan dan bukan semata-mata soal inovasi.

24.  Terry Leahy – Management in Ten Words (2012): kesederhanaan dan kejelasan produk atau layanan adalah resep manjur bagi bisnis yang menguntungkan. Namun, untuk meraih keduanya, pengusaha harus menjadikan konsumen sebagai fokus perhatian mereka.

25.  Patrick Lencioni – The Five Dysfunction of A Team (2002): tim terbaik dalam bisnis yang sukses beranggotakan pribadi-pribadi yang saling percaya, terbuka bagi timbulnya konflik, mau bertanggung jawab, serta terus berfokus pada hasil.

26.  Marc Levinson – The Box (2006): karya ini berisi ide akan bagaimana sebuah inovasi sederhana dapat mengubah pandangan dan perilaku dunia.

27.  Theodore Levitt – Marketing Myopia (1960): pahamilah bisnis yang Anda geluti hingga muncul peluang bagi masa depan yang gemilang.

28.  Stanley McChrystal – Team of Teams (2015): transparansi informasi memungkinkan orang membuat keputusan yang baik dan menciptakan kesatuan tujuan.

29.  Douglas McGregor – The Human Side of Enterprise (1960): adalah alamiah bila individu ingin melakukan yang terbaik untuk organisasi selama ia merasakan sisi pengembangan pribadinya terpenuhi.

30.  Geoffrey A. Moore – Crossing the Chasm (1991): berhasil menarik sekian banyak konsumen untuk mencoba produk Anda berbeda dengan memenangkan selera pasar.  

31.  Tom Rath & Barry Conchie – Strengths Based Leadership (2008): memaksimalkan kekuatan, tidak kuatir terhadap kelemahan adalah kunci keberhasilan dalam karir.

32.  Al Ries & Jack Trout – Positioning (1981): perusahaan yang sukses tidak semata-mata menjual produk namun memiliki tempat khusus dalam benak penggunanya.

33.  Eric Ries – The Lean Startup (2011): terbatasnya sumber daya dapat menjadi tulang punggung bagi tercipatnya usaha baru karena eksperimen dan analisis dapat menggantikan strategi dan modal.

34.  Sheryl Sandberg – Lean In (2013): banyaknya wanita di puncak bisnis tidak hanya baik untuk perempuan sebagai kaum. Perusahaan hanya akan berhasil jika separuh dari pangsa pasar terwakili kepentingannya dalam usaha tersebut.

35.  Eric Schmidt & Jonathan Rosenberg – How Google Works (2014): hanya dengan menciptakan budaya pembelajaran dan inovasi, bisnis akan menarik orang-orang yang tepat.

36.  Alice Schroeder – The Snowball: Warren Buffett and Business of Life (2008): waktu, disiplin, dan fokus adalah unsur terpenting dalam membangun kekayaan.

37.  Howard Schultz – Pour Your Heart Into It (1997): bisnis besar dibangun dengan memberikan momen kecil sukacita di hari-hari mereka yang terlibat di dalamnya.

38.  Peter Senge – The Fifth Discipline (1990): usaha besar adalah kumpulan komunitas dengan komitmen untuk mewujudkan potensi setiap anggotanya.

39.  Simon Sinek – Start With Why (2009): perusahaan yang biasa-biasa saja berfokus pada apa sementara bisnis yang hebat umumnya dinahkodai oleh  pemimpin yang sanggup menginspirasi dan mengajak orang untuk berpikir mengapa.

40.  Seema Singh – Mythbreaker: Kiran Mazumdar-Shaw and the Story of Indian Tech (2016): bisnis besar dapat tumbuh di lingkungan yang sama sekali tidak  terduga.

41.  Alfred P. Sloan – My Years in General Motors (1963): bisnis kokoh dengan pendekatan baru membutuhkan pendekatan atau gaya manajemen yang berbeda.

42.  Brad Stone – The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon (2013): inovasi berkelanjutan guna memuaskan konsumen ditambah dengan visi jangka panjang akan menumbuhkan agen-agen penjual online yang dominan dalam bisnis.

43.  Matthew Syed – Black Box Thinking (2015): untuk sukses dalam bisnis, orang maupun organisasi harus siap gagal dan terus menerus membuat penyesuaian.

44.  Frederick Winslow Taylor – The Principles of Specific Management (1911) peningkatan drastis produktivitas akan membawa kebaikan bagi tidak saja bagi modal namun juga bagi pekerja.

45. Peter Thiel – Zero To One (2014): untuk tumbuh lebih cepat, dunia butuh teknologi dan model bisnis yang transformatif.

46.  Robert Townsend – Up the Organization (1970): orang akan termotivasi dan sukses di tempat kerja ketika mereka dibiarkan menunjukkan kontribusinya serta diperlakukan utuh sebagai manusia.

47.  Donald Trump – The Art of the Deal (1987): untuk berhasil dalam bisnis, seimbangkanlah keberanian, kesabaran, kehati-hatian, dan fleksibilitas.

48.  Ashlee Vance – Elon Musk (2015): pebisnis yang visioner tidak hanya menciptakan usaha tetapi sekaligus membentuk masa depan.

49.  Jack Welch – Jack: Straight from the Gut (2001): jangan meremehkan diri sendiri dan meragukan sejauh mana Anda sanggup melangkah.

50.  James P. Womack, Daniel T. Jones & Daniel Roos –The Machine that Changed the World (1990): praktik baru terkait manufaktur dan manajemen sanggup menghemat sekian banyak sumber daya dan terbukti menghasilkan produk dengan kualitas lebih baik. 

Beli edisi cetak buku ini di Bukalapak.

  • Suka dengan ringkasan singkat ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?
  • Ingin ringkasan yang lebih detil lagi dari buku ini? Silakan lengkapi dan kirimkan formulir di bawah ini sambil berkontribusi mulai dari dua puluh ribu, lima belas ribu, sepuluh ribu rupiah saja per judul. Kami akan menginfokan rekening transfer untuk selanjutnya mengirimkan ringkasan buku langsung ke inbox Anda maksimal lima hari kerja setelah dana terkonfirmasi.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s