Pustaka Klasika: INDONESIANA – Seri Cerita Unik Indonesia Banget

Dicuplik dari Indonesiana – Seri Cerita Unik Indonesia Banget, TAGIHAN NYASAR, disusun oleh Pusat Data dan Analisa Tempo (halaman 63-65), Cetakan 2019

Kuuur Ai Lap Yuuuu!

2 November 1985

Bila hari basah oleh hujan, dan terdengar teriakan, Kuuuurrrrr… ai lap yuuuuuu! berhamburanlah orang-orang ke luar rumah.

Itu di Bandung, tempatnya. Mang Uu’, setiap petang, meninggalkan rumahnya di Gang Sukalaksana, lalu berkeliling di perkampungan sekitar Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Tenteram, dan Jalan Kaum Cipaganti, hingga pukul 10 malam. Pundaknya dibebani pikulan yang dibawanya sambil setengah berlari. Isinya: berbagai penganan dalam kotak kaca di satu sisi, sedang di sisi lain sedandang bajigur.

Sudah lima tahun, lelaki 30 tahun itu menjajakan minuman dari santan dan gula jawa itu. Namun, seperti dagangan tukang bajigur lain, jualannya seret. Paling sehari cuma untung seribu-dua ribu, Den. Untunglah, di sekitar kediamannya banyak mahasiswa tinggal dan sering berkelakar dengan dia. Buah pergaulan itu, Saya belajar sepik inglis litel-litel.

Sejak ia memakai kalimat Inggris, jualannya laku pesat dinanti-nanti pelanggannya. Kini dalam sehari ia bisa mendapat untung bersih lima ribu perak. Melihat keberhasilan itu, menurut Uu’, beberapa tukang bajigur lain berusaha meniru – tapi gagal. Soalnya, beda, atuh! Ini ‘kan ai lap yu beneran, from Mang Uu’.

Namun, tak urung ia khawatir juga dengan para pesaing. Buktinya, jenggot model Rhoma Irama dipiaranya sebagai ciri khas. Lalu huruf-huruf berbunyi: BAZIGURE I LOVE YOU ditulisnya di kotak kaca penganan, dengan kertas yang menyala bila kena sinar. Kuuuuurrrrrrr!… ai lap yuuuuuuuuu!

  • Suka dengan petikan buku ini dan merasa ada manfaatnya? Yuk tunjukkan dukungan Anda untuk Pustaka Buku Bekas dalam bentuk donasi.
  • Anda dapat berkontribusi mulai dari lima ribu, tiga ribu, dua ribu rupiah saja. Klik gambar di bawah ini dan yakinlah asupan mental sama pentingnya dengan belanja online. Setuju, kan?

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s