INSPIRASI HARI IBU

Hari Ibu sudah di depan mata. Tapi, mengapa peringatan itu jatuh pada 22 Desember?

Hmm… jawabnya karena mengacu pada Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1953, yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno. Penetapan tanggal tersebut merujuk pada Kongres Perempuan Indonesia I, yang digelar 22-25 Desember 1928.

Momen bersejarah itu berlangsung di Jogjakarta, tepatnya di Ndalem Joyodipuran yang sekarang terletak di Jalan Brigjen Katamso. Kegiatan tersebut konon diikuti sekitar 600 perempuan dari berbagai perhimpunan dari seluruh Nusantara mulai dari Poetri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyiyah, Wanita Taman Siswa dan sejumlah sayap perempuan Sarekat Islam, Jong Java, dan Jong Islamieten Bond.

Simak yuk beberapa literasi terkait perempuan dan keluarga berikut ini, mungkin ada yang sedang Anda cari.


Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak

Penulis: Hetty Ismainar, Amd Keb, SKM, MPH. dkk
Penerbit: Deepublish 2018
ISBN: 978-602-475-775-5
Halaman: xii, 284 hlm
Harga: Rp 143.000 Rp 133.000

Sinopsis

Terdiri dari tujuh bab, buku ajar ini disusun berdasarkan silabus dan tujuan pembelajaran studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yang dibahas antara lain perkembangan dan permasalahan kesehatan ibu dan anak di negara maju dan berkembang, kesehatan reproduksi wanita, kesehatan bayi dan anak, kesehatan reproduksi remaja, penyakit menular seksual, kesehatan reproduksi usia lanjut, dan kesehatan ibu dan anak dalam konteks Millennium Development Goals/MDGs dan Sustainable Development Goals/SDGs.

Seperti diketahui, program kesehatan ibu dan anak di Indonesia dirancang untuk menekan Angka Kematian Ibu/AKI dan Angka Kematian Bayi/AKB. Dalam kerangka menyeluruh program itu tercakup dalam Keluarga Berencana. Berdasarkan evaluasi MDGs tahun 2015, kasus kematian ibu dan bayi baru lahir di negeri ini adalah 305 kasus per 100 ribu kelahiran, masih jauh dari target Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sebesar 102 kasus per 100 ribu kelahiran.


Kitab Bahagia Ibu Rumah Tangga: La Tahzan, Sebab Hidupmu Begitu Indah, Semua Pengabdianmu Bernilai Ibadah

Penulis: Afifah Soraya
Penerbit: Araska Publisher 2021
ISBN: 978-623-791-084-8
Halaman: 240 hlm
Harga: Rp 59.500

SINOPSIS

Terlahir sebagai perempuan adalah keistimewaan luar biasa karena dalam garis hidupnya gender satu ini menapaki proses yang amat berbeda dari laki-laki. Ketika sudah menjadi istri, wanita harus dapat memposisikan dirinya sebagai pasangan serta menjadi ibu rumah tangga yang nyaris sempurna.

Nah, buku ini mengajak kaum Kartini untuk belajar mengelola diri, menguasai emosi, dan cerdas meniti masalah agar dalam keseharian mereka tidak larut dalam situasi kufur nikmat dan menjauh dari Allah SWT.


New Normal Parenting: Pola Asuh Anak Sesuai Standar Terbaru dan Islami

Penulis: Miftahul Achyar Kertamuda
Penerbit: Elex Media Komputindo 2020
ISBN: 978-623-002-12006
Halaman: 152 hlm
Harga: Rp 75.000

Sinopsis

Karya ini memaparkan pola yang Islami dalam mengasuh anak usia dini. Para ibu dan ayah pasti membutuhkan referensi ini. Tambahan lagi, di tengah pandemi yang tak jelas kapan akan berakhir, pengasuhan anak harus tetap dilakukan agar rentang usia emas/golden age tidak berlalu begitu saja.

Setidaknya, enam nilai penting harus diperkenalkan kepada sang buah hati, mulai dari nilai moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan nilai seni. Tujuannya, tentu saja, agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dan mulia.


Ibu Sinder

Penulis: Pandir Kelana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 2019
ISBN: 978-979-511-178-8
Halaman: 244 hlm
Harga: Rp 93.500
Format: e-book

Sinopsis

Novel ini berkisah tentang Ibu Sinder, wanita ningrat yang buta huruf latin namun menguasai banyak sisi dari budaya dan tradisi Jawa.

Ia menikah dengan seorang sinder, pengawas perkebunan di masa kolonial Belanda. Suratan nasib membawa perempuan ini hidup di kawasan sesat di Kampung Balokan, Jogjakarta, kala itu.

Di situ, Ibu Sinder menunjukkan bahwa ia adalah pribadi kuat hasil didikan kraton. Hatinya tulus dan penuh welas asih kendati lingkungan sekitarnya begitu suram. Dengan caranya sendiri, dia berjuang demi negeri yang kemajuannya akan dinikmati generasi di bawahnya kelak.


Chicken Soup for the Soul: Ibu Hebat — 101 Kisah Inspiratif tentang Ibu yang Bekerja dari Rumah

Penulis: Jack Canfield, Mark Victor Hansen, Wendy Walker
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 2017
ISBN: 978-602-037-806-0
Halaman: 536 hlm
Harga: Rp 148.000

Sinopsis

Semua orang rasanya pernah baca buku legendaris Chicken Soup for the Soul, minimal mendengar judulnya.

Nah, seratus lebih kisah inspiratif dan menenteramkan batin hadir dalam buku ini; membawa pembaca untuk mengingat; mengenang dan menghargai jasa ibu, perempuan yang melahirkan kita. Mereka membuat pilihan dalam hidupnya seraya mencari jati dirinya dan menemukan bahwa apa pun yang mereka lakukan sejatinya selalu bernilai, termasuk keputusan untuk tetap berada di rumah. Mungkin ada yang dilepas tapi pasti ada yang tidak akan pernah dilepas…


Ibu Boleh Marah: Mengelola Emosi Negatif Jadi Edukatif

Penulis: Park Yum Mi
Penerbit: m&c! 2021
ISBN: 978-623-030-529-1
Halaman: 240 halaman
Harga: Rp 78.000

Sinopsis

Mengurus anak tanpa marah adalah impian semua ibu yang mungkin tak akan pernah terwujud. Sesabar dan setenang apa pun seorang perempuan, tidak akan ada artinya saat berhadapan dengan anak yang rewel dan sulit dikendalikan. Namun, bukan berarti para ibu boleh meluapkan emosi sesuka hati, sebab ini justru berdampak buruk bagi psikologi anak. Yang perlu dilakukan adalah menemukan cara yang tepat untuk mengekpresikan emosi dan amarah pada anak.

Nah, buku ini mengungkapkan aneka tips dan ragam pengelolaan emosi agar para bunda tetap proporsional ketika marah sehingga energi negatif berubah menjadi sumber pembelajaran positif bagi sang buah hati.

Tulis komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s